Menu

5+ Ragam Jenis Model Baju Batik Wanita Berbagai Kebutuhan dan Gaya

Pakaian wanita tidak ada habisnya jika dibahas. Tren fashion ini terus berkembang dan berganti sesuai dengan perubahan budaya. Berikut adalah inspirasi model baju batik wanita untuk beberapa acara dan tujuan penggunaan.

Model Baju Batik Wanita Untuk Berbagai Acara

Kain tradisional Indonesia kini menjadi tren di kalangan wanita maupun laki-laki. Dari semua jenis kain tersebut, tenun, dan batik masih menjadi primadona. Berikut adalah beberapa inspirasi model baju batik wanita yang ada.

Baju Batik Wanita Ala Desainer Handal

Model Atasan Batik untuk Acara Formal

Model Atasan Batik untuk Acara Formal

Kain batik untuk para wanita yang dijual, biasanya diolah menjadi dress, atasan, rok, dan celana kulot. Jenis pakaian ini memiliki penggemar yang berbeda, terkait dengan fungsi pakaian.

Misalnya, dress formal dibeli oleh mereka yang berencana menggunakannya ke acara pernikahan. Kemudian atasan batik untuk pergi ke kantor, rok untuk acara santai dan lain sebagainya.

Tujuan pembelian yang beragam ini kemudian dilirik pula oleh para desainer handal. Mereka mulai berkreasi dengan bahan batik, dan membuat pakaian yang memiliki kualitas jauh di atas kualitas pasar.

Kebanyakan desainer bahkan berani memadukan kain batik dengan desain modern yang asimetris, atau desain unik lainnya. Namun, untuk memiliki pakaian hasil tangan desainer pasti butuh uang yang tidak sedikit.

Tak salah jika seorang wanita berusaha berhemat dan ingin “menduplikasi” karya desainer handal. Tapi, daripada menduplikasi, mengapa tak coba berkreasi sendiri?

Ciri khas dari baju desainer adalah adanya aksesoris dan detail yang sering diabaikan oleh penjual pakaian biasa. Jika ingin membuat satu pakaian yang tidak dijual di pasaran, cari referensi dari website butik ternama atau instagram.

Sebagai contoh, baju batik wanita karya Edward Hutabarat yang cocok untuk wanita karir. Blazer karyanya, menggabungkan bahan jas dengan batik.

Pada karya ini, batik hanya digunakan sebagai aksen di bagian tepi blazer, tepatnya sepanjang kerah hingga kancing blazer. Meski sedikit, namun kehadiran batik ternyata bisa menambah kesan elegan dan unik.

Jika ingin meniru desain ini, gunakan bahan blazer yang agak mengkilap. Kemudian padukan dengan batik dengan sifat bahan yang sama, agar terlihat elegan.

Model Baju Batik Atasan untuk Remaja

Batik Kerja Kantoran

Batik Kerja Kantoran

Para remaja juga kini menyukai batik. Bahkan mereka mulai senang menggunakannya ke acara santai maupun formal.

Model baju batik atasan yang cocok untuk remaja, misalnya berupa luaran atau outer yang bisa dipadukan dengan celana atau rok. Kini sering dijumpai outer yang terinspirasi dari kimono khas Jepang.

Selain itu, blazer dan long cardy juga masih sering digunakan. Biasanya long cardy ini memiliki ukuran yang mencapai lutut atau di bawahnya.

Pakaian ini sering digunakan oleh para hijaber yang ingin terlihat stylish namun tetap sesuai syariah. Kemudian, blazer bergaya boyish yang longgar juga sering menjadi pilihan.

Blazer ini dibuat dengan mengkombinasikan batik, dengan kain polos. Gaya pakaian ini sangat berjiwa muda dan laris di pasaran.

Batik yang digunakan kebanyakan berwarna muda, atau bernuansa pastel. Sedangkan batik klasik yang berwarna lebih netral digunakan untuk pakaian lain yang bersifat lebih formal.

Desain Model Baju Batik Modern Kantor Wanita Terbaru yang Modis

Model Baju Batik Kantoran Modern untuk Wanita

Model Baju Batik Kantoran Modern untuk Wanita

Pakaian kantor wanita jaman sekarang, nggak hanya memakai blus dan celana atau rok. Mereka bisa berkreasi juga dengan kain batik dan lain sebagainya.

Terlebih lagi, wanita yang menjadi bagian humas atau bekerja di industri kreatif. Selain kemampuan bekerja yang tinggi, mereka juga dituntut harus modis.

Batik, bisa jadi satu pilihan yang unik dan menarik untuk pekerja modis tersebut. Kain tradisional ini bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis pakaian.

Model baju batik modern kantor wanita terbaru dan populer saat ini masih berkisar antara celana, atasan, dan dress. Batik bisa dijahit menjadi celana kulot yang santai. Lalu dipadukan dengan kemeja polos dan blazer sepinggang.

Celana juga bisa dibuat model reguler atau pensil namun tidak terlalu ketat. Celana jenis ini bisa dipadukan dengan kemeja model apapun.

Lalu, untuk model baju batik modern kantor wanita terbaru bagian atas, biasanya berupa blus, kemeja, dan blazer. Model-model tersebut bisa dikombinasikan dengan kain polos agar motif tidak terlalu ramai.

Selain itu, pakaian juga bisa dibuat unik dengan menggunakan beberapa jenis motif batik yang serasi. Motif batik yang berbeda ini membuat tampilan lebih cantik dan tak biasa.

Variasi Model Atasan Batik untuk Acara Formal 

Variasi Model Atasan Batik Acara Formal

Variasi Model Atasan Batik Acara Formal

Selanjutnya, atasan batik yang sejak zaman dahulu menjadi pakaian andalan kondangan, kini masih digunakan untuk tujuan yang sama. Pakaian laki-laki biasanya berupa kemeja.

Variasinya ada pada kombinasi bahan, dan jenis potongan kemeja. Misalnya, regular fit untuk yang tidak suka pakaian terlalu membentuk badan. Kemudian ada juga model slim fit yang membuat badan terlihat lebih jelas.

Para wanita yang ingin menggunakan batik sebagai atasan saat kondangan, bisa menjahitnya sendiri dengan desain yang cantik. Jadi kondangan tidak harus selalu menggunakan dress atau kebaya.

Batik bisa dijahit dengan model batwing agar terasa lebih longgar namun tetap formal. Selain itu, model atasan batik untuk acara formal juga bisa dibentuk menjadi outer panjang tanpa lengan.

Tujuannya tentu agar bisa digunakan sebagai pasangan beberapa dress atau bawahan. Outer ini bisa dikancingkan seluruhnya dan menjadi atasan.

Bisa juga digunakan sebagai luaran gamis polos bagi yang menggunakan jilbab. Luaran batik ini memberi kesan formal namun tetap stylish.

Model Baju Batik Kerja Lengkap dengan Tips Paduannya

Selanjutnya, karena saat ini banyak orang memilih menggunakan batik dan beberapa daerah menerapkan hari khusus agar pekerja menggunakan batik. Berikut ini adalah beberapa contoh padu padan baju batik kerja.

Contoh Gaya Untuk Blus Wanita

Yang termudah didapatkan di pasar, adalah atasan batik bermodel blus untuk wanita. Pilih blus dengan warna yang disukai. Misalnya cokelat dengan motif yang sederhana.

Jika blus bermodel panjang seperti tunik, maka bisa ditambahkan sabuk. Tujuannya untuk menegaskan pembagian tubuh atas dan bawah agar terlihat lebih tinggi dan ramping.

Kemudian, padukan dengan celana berbahan kain, dengan warna yang ada di salah satu warna dalam batik. Tidak perlu memilih warna yang dominan.

Jika menggunakan jilbab, pilih warna yang netral. Gunakan aksesoris seperti gelang, jam, atau kalung namun jangan terlalu besar sebab akan membuat keseluruhan pakaian terlihat berlebihan.

Contoh Blazer Wanita

Lalu, untuk blazer batik yang sepinggang, bisa dipadukan dengan dalaman berupa kaos agar lebih nyaman. Kaos berwarna netral seperti cokelat, hitam, biru atau sesuai dengan warna dasar batik sangat direkomendasikan.

Ini berguna untuk memperjelas dan menonjolkan motif batik yang dipakai. Kemudian, gunakan celana berbahan kain yang polos, dengan model lurus atau kulot.

Rok juga bisa menjadi pilihan jika bosan dengan celana. Rok bermodel span atau plisket bisa digunakan sebagai pilihan.

Selain itu, kalung bisa ditambahkan juga sebagai aksesoris. Pilih kalung sederhana agar terlihat menyatu dengan motif batik yang dipilih.

Perkembangan akan terus terjadi pada model baju batik wanita. Ini disebabkan karena wanita memiliki selera yang berganti-ganti.

Mereka cenderung mudah bosan dengan gaya pakaian yang sudah ada dan ingin terus bereksplorasi. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun untuk pasangan juga.

Kelima inspirasi tersebut bisa digunakan sebagai dasar untuk memilih dan membuat model baju batik wanita terkini. Satu hal yang perlu diingat, pilih model pakaian batik yang nyaman dan sesuai dengan diri sendiri.

Memaksa diri untuk memakai baju atas dasar tren, kadang akan membuat aktivitas kurang nyaman. Bahkan bisa membuat tidak percaya diri.

 

Share This Post
Kategori:
Batik

Comments are closed.