Menu

5+ Tutorial Hijab Wisuda Mudah, Simpel, Modern dan Kekinian

Bagi yang mengenakan hijab, wisuda tak lagi jadi masalah karena sudah banyak tutorial hijab wisuda.

Tak perlu lagi harus galau membuka hijab demi memakai sanggul. Selain itu, dengan mudahnya pertukaran informasi pun membuat gaya berhijab untuk wisuda tak hanya itu-itu saja.

Bahkan model yang simpel pun bisa tampak elegan dengan pilihan hijab yang pas.

Tampil Cantik dengan Tutorial Hijab Wisuda

Tutorial hijab wisuda banyak dicari, tak hanya bagi para MUA tetapi juga oleh mereka yang akan diwisuda sendiri.

Hal ini dikarenakan, tak sedikit yang memilih untuk tidak menggunakan jasa MUA. Banyaknya tutorial yang bisa ditemukan di internet pun turut membantu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tutorial Hijab Wisuda

Tutorial Hijab Wisuda Simple

Tutorial Hijab Wisuda Simple

Saat membuka internet untuk mencari tentang tutorial hijab wisuda, sebaiknya menghindari tutorial yang sulit untuk dipakai. Contohnya adalah yang banyak mengaplikasikan jarum pentul. Alasannya adalah akan mengalami kesulitan saat melepaskannya nanti.

Model hijab wisuda yang simpel pun dapat tetap tampak elegan.

Misalnya dengan menggunakan memakai hijab seperti berikut.

Pertama-tama, siapkan pashmina, dalaman ciput jarum pentul atau peniti, serta bros.

Setelah memastikan semua rambut tertutupi oleh dalaman ciput, pakai pashmina secara simetris.

Kemudian, kencangkan dengan jarum pentul atau peniti di bawah dagu, atur agar sesuai dengan muka. Setelah itu, ambil salah satu sisi pashmina, putarkan sampai ke atas kepala, tahan dengan jarum pentul.

Untuk sisi yang satunya, tarik ke arah berlawanan dan bawa ke belakang leher di bagian dalam. Tahan dengan peniti dalam posisi di bagian dalam. Selanjutnya, tinggal merapikan bagian depan dan dihiasi dengan bros.

2. Tutorial Hijab Wisuda Menutup Dada

Tutorial Hijab Wisuda Menutup Dada

Tutorial Hijab Wisuda Menutup Dada

Dalam syariat Islam, pemakaian hijab yang benar adalah yang menutupi dada. Oleh karena itu, banyak wisudawati yang menginginkan tutorial hijab wisuda menutup dada. Untuk model hijab ini, sebaiknya pilih yang berbentuk segi empat agar mudah untuk dimodifikasikan. Selain itu, siapkan dalaman ciput, peniti, jarum pentul, bando permata (imitasi), dan juga kain renda sepanjang 20-30 cm.

Pertama-tama dalam tutorial hijab wisuda menutup dada, kenakan dalaman ciput sampai semua rambut tertutup.

Agar mudah untuk diberi hiasan di kepala, sebaiknya kenakan dalaman yang tidak bertopi. Setelah itu, bentuk hijab segi empat menjadi bentuk segitiga dan pakai di kepala. Atur agar posisi hijab sekitar 1:3.

Pakai hijab dari bagian yang pendek, sematkan dengan jarum pentul atau peniti di bawah dagu. Sesuaikan bentuk hijab agar pas dengan muka.

Selanjutnya, pakai bando permata di kepala, atur posisi sesuai dengan yang dikehendaki. Jika merasa tidak yakin, bisa sematkan bando pada hijab dengan jarum pentul.

Kemudian, ambil ujung hijab yang panjang, putarkan ke atas kepala. Atur agar hijab dapat menutupi ujung bando dan hanya menampakkan bagian bando yang berpermata.

Supaya tidak tersibak, sematkan hijab dengan jarum di bagian-bagian yang harus tertutup. Hiasan bando pada kepala dapat digantikan dengan kain renda.

3. Tutorial Hijab Wisuda Segi Empat

Tutorial Hijab Wisuda Segi Empat

Tutorial Hijab Wisuda Segi Empat

Sebelum memulai tutorial hijab wisuda segi empat, siapkan hijab segi empat berbahan apa pun. Selanjutnya, siapkan pula dalaman ciput sesuai dengan yang dirasa paling nyaman, jarum pentul, dan peniti.

Pastikan warna hijab sesuai dengan warna kebaya yang dikenakan. Tak perlu sewarna, asalkan masih senada dan cocok, maka tak masalah.

Pertama-tama, kenakan dalaman ciput dan rapikan hingga tak ada anak rambut yang keluar.

Lipat hijab secara melintang menjadi bentuk persegi panjang, namun jangan pas di tengah. Lalu, tinggal kenakan hijab hingga menutupi kepala. Pastikan untuk mengenakan hijab secara simetris.

Setelah simetris, kencangkan hijab dengan jarum pentul atau peniti.

Rapikan hijab sesuai dengan bentuk muka. Lalu bawa sisi ujung hijab sebelah kiri ke bagian belakang, biarkan tetap  di sana. Sementara itu, tarik ujung hijab sisi kanan ke arah kiri dan sematkan di atas kepala dengan jarum pentul.

Rapikan hijab agar leher tidak terlihat jika tidak mengenakan dalaman ninja. Jika perlu, sematkan jarum pada hijab yang menutupi leher agar tidak tersingkap.

Model hijab ini dapat dibiarkan begitu saja atau ditambahkan dengan hiasan bunga pada bagian leher sisi kiri.

4. Tutorial Hijab Wisuda Segi Empat Satu Warna

Tutorial Hijab Wisuda Segi Empat Satu Warna

Tutorial Hijab Wisuda Segi Empat Satu Warna

Tutorial hijab wisuda segi empat satu warna sedang tren akhir-akhir ini. Tampilan yang simpel, justru tampak makin elegan dengan mengenakan satu warna hijab saja.

Oleh karenanya banyak wisudawati yang hanya menyiapkan satu lembar hijab saja untuk dipakai wisuda. Di samping itu, hanya dengan satu warna pun sudah cukup untuk memberikan tampilan yang maksimal.

Pilih bahan hijab segi empat yang lentur dan mudah dibentuk, namun tidak menerawang. Kemudian siapkan dalaman ninja dan jarum pentul.

Langkah pertama dalam tutorial hijab wisuda segi empat satu warna, kenakan dalaman ninja dan atur agar menutupi leher.

Kemudian, lipat jilbab segi empat menjadi bentuk persegi panjang.

Kenakan dengan satu sisi lebih panjang sekitar 1:3 bagian. Lalu, sematkan ujung sisi hijab yang pendek pada dalaman ninja dengan jarum pentul di sekitar bawah rahang.

Setelah itu, bawa seluruh sisi hijab yang panjang ke depan. Ambil bagian dalam hijab dan tarik sampai ke atas kepala ke arah sisi satunya.

Sematkan ujung hijab di atas kepala dengan jarum pentul.

Untuk model tutorial hijab wisuda yang satu ini, tak perlu menambahkan aksesoris apa pun karena justru dapat merusak tampilan.

Selain itu, satu-satunya tempat untuk menambahkan hiasan adalah di atas kepala. Padahal nantinya perlu mengenakan topi toga, sehingga menambahkan hiasan yang berlebihan justru akan mengganggu.

Jika memang sangat menginginkan untuk menambahkan hiasan, mungkin biasa disiasati dengan mengenakan bros. Pilih ukuran bros yang kecil untuk digunakan saat menyematkan ujung hijab di atas kepala.

5. Tutorial Hijab Wisuda Modern

Tutorial Hijab Wisuda Modern

Tutorial Hijab Wisuda Modern

Untuk tutorial hijab wisuda selanjutnya yaitu dengan gaya modern. Model gaya modern ini tidak banyak membutuhkan banyak modifikasi dan justru lebih menekankan kesimpelan saat dipakai. Cukup dengan satu lembar hijab saja, asalkan memilih bahan yang sesuai pasti tetap bisa tampil moden.

Jenis bahan hijab yang paling cocok contohnya adalah jenis wolfis yang tidak transparan, namun tetap nyaman dan mudah untuk dipakai.

Selain hijab, siapkan pula dalaman ciput serta jarum pentul atau peniti. Bisa juga mengenakan dalaman renda sebagai tambahan aksesoris atau mengenakan bando permata.

Pertama, kenakan dalaman ciput. Jika ingin menambahkan aksesoris dalaman renda atau bando, maka kenakan terlebih dahulu sebelum dalaman ciput. Posisikan di bagian dahi agar terlihat dan tidak tertutup oleh hijab. Sementara itu, untuk hijab perlu dilipat menjadi bentuk segitiga.

Setelah itu, kenakan hijab seperti biasa dan sematkan di bawah dagu. Selanjutnya, silangkan kedua ujung hijab, lalu ikatkan ke belakang leher.

Agar rapi, pastikan mengikat di dalam hijab bagian belakang. Dengan begitu, ikatan akan tertutupi oleh hijab bagian belakang. Tinggal rapikan hijab agar tidak ada bagian leher yang terlihat.

Sekarang ini, tutorial hijab wisuda lebih menekankan gaya yang simpel, namun tetap elegan. Tidak butuh waktu lama untuk memakainya dan mudah pula untuk dilepaskan. Dengan begitu, tidak akan merasa kesulitan saat harus melepaskan hijab misal saat mau berwudhu. Pada akhirnya, model yang simpel pun tetap bisa tampil menawan.

 

Share This Post
Kategori:
Tutorial Hijab

Comments are closed.